Galaxy A22 Smartphone 5G Canggih dan Murah Ini Kelebihannya

Saat perkembangan modernisasi yang semakin pesat, konektivitas 5G yang tersemat di gadget adalah sebuah terobosan. Jaringan telekomunikasi generasi berikutnya (generasi kelima atau 5G) sendiri diketahui telah mulai memasuki pasar akhir tahun 2018.

Selain adanya peningkatan kecepatan, teknologi 5G diharapkan bisa meluncurkan ekosistem IoT (Internet of Things) masif yang berarti jaringan dapat melayani kebutuhan komunikasi untuk miliaran perangkat terhubung, dilengkapi keseimbangan seimbang dan tepat antara kecepatan, latensi, serta biaya.

Samsung Galaxy A22

Menurut prinsip komunikasi, semakin pendek frekuensinya, semakin besar pula bandwidthnya. Penggunaan frekuensi yang lebih pendek (gelombang milimeter antara 30 GHz dan 300 GHz) untuk jaringan 5G adalah alasan mengapa 5G bisa lebih cepat.

Spektrum 5G pita tinggi ini memberikan peningkatan yang diharapkan tidak hanya dalam kecepatan tetapi juga dalam kapasitas, latensi rendah, dan kualitas. Namun, kecepatan download 5G mungkin sangat berbeda menurut wilayah.

SPESIFIKASI Galaxy A22 

Spesifikasi Galaxy A22 Smartphone 5G

Smartphone dengan teknologi 5G telah memasuki pasar gadget Indonesia, salah satunya adalah Samsung Series. Smartphone Samsung series A22 5G yang baru diluncurkan memamerkan layar FHD+ TFT 6,6 inc melalui terobosan baru untuk memberi ruang bagi sensor yang lebih cepat dari sebelumnya. Perusahaan raksasa dari South Korea tersebut cukup membadrol ponsel canggih ini dengan rentang harga 3 juta saja.

Spesifikasi umum yang terdapat pada ponsel canggih kali ini antara lain memiliki resolusi berkualitas, menyajikan kepadatan piksel sehingga tampilan yang didapat oleh pengguna sangat jernih dan mempunyai media software CPU sangat baik dan terkini.

Ponsel seri A22 5G memberikan penggunanya prosesor grafis kelas atas, memiliki desain Samsung pada umumnya yang berkualitas serta hasil foto yang jelas meskipun kondisi cahaya minim. Ponsel ini dilengkapi kapasitas baterai tinggi, menawarkan opsi sambungan wifi, GPS, bluetooth, koneksi 3G, 4G, 5G dan USB.

Meskipun belum banyak yang mengetahui keberadaan Smartphone 5G milik Samsung ini di Indonesia, namun tentu saja pilihan series Galaxy A22 ini bisa dijadikan wishlist. Perangkat pintar ini memiliki beberapa kelebihan USP seperti baterai sebesar 5.000mAh, kecepatan refresh 90Hz, layar super AMOLED, pengaturan Quad Kamera, konektifitas 5G, desain ponsel yang cukup tipis, dan bentuk lekukan layar takik tetesan air.

Ponsel yang baru masuk Indonesia dan diluncurkan menawarkan luas layar 6,6″ dengan torehan yang pada layar untuk memberi ruang bagi kamera depan yang memiliki sensor. Di dalamnya, terdapat MediaTek Dimensity 700 yang cukup mengesankan bagi ponsel sekelas Samsung dengan kualitas 5G.  Jangan takut kehabisan memori penyimpanan karena Smartphone ini menawarkan kapasitas RAM 6GB dan penyimpanannya yang luas, yakni 128GB.

Namun sama seperti series lainnya, perihal kamera memang kurang lebih sama dengan series sebelumnya.  Di dalamnya terdapat pengaturan fitur 3 kamera yakni 48MP, ultrawide 5MP, dan lampu kilat LED serta sensor kedalamannya.  Untuk kamera depannya sendiri hanya terdapat resolusi sebesar 8MP.

Adapun spesifikasi baterai yang ditawarkan memiliki kekuatan 5.000 mAh, cukup besar di kelasnya. Apalagi di dalam ponsel Samsung terdapat fitur penghemat daya yang semakin menaikkan jumlah pemakaian pada umumnya.

Kelebihan Samsung A22 5G

Sejak diluncurkan, series A22 telah mempunyai sistem Android 11 terbaru dan One UI 3.1 andalan milik perusahaan ternama tersebut. Teknologi yang tersemat di dalam ponsel 5G ini juga tidak bisa diremehkan, yakni MediaTek MT6833 yang menawarkan CPU Octa-core. Hal ini dapat menghadirkan Mali-G57 MC2 dengan sistem kerja luar biasa tanpa lag.

Selain itu kelebihan selanjutnya ada pada RAM yang terdapat di dalamnya. Luas penyimpanan sangat berguna untuk multitasking  kinerja sudah sewajarnya dimiliki entry terkini. Ini bisa termasuk salah satu kelebihan yang ditawarkan karena menawarkan tempat penyimpanan cukup luas. Tentu hal tersebut akan membawa kinerja maksimal dan konsumsi baterai lebih rendah.

Kelebihan selanjutnya terdapat pada sensor dan menu kameranya. Ponsel 5G yang tengah bersaing di pasaran ini telah mempunyai kamera utama Triple, memiliki resolusi hingga 48 MP, f/1.8, (wide), PDAF, memiliki 5 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/5.0″, 1.12µm dan 2 MP, f/2.4. Melalui sensor kedalaman yang ditempatkan di sudut kiri atas panel belakang resolusi ini akan memberi kamu fitur seperti lampu kilat LED, panorama, HDR. Sangat cocok bagi penyuka fotografi ponsel.

Jika dibandingkan dengan varian sebelumnya, series A22 4G juga mempunyai lekuk atau bentuk tetesan air untuk letak sensor kamera 13MP yang berguna sebagai media kamera selfie dan panggilan video. Namun ponsel ini menggunakan prosesor MediaTek Helio G80, versi lebih lama tentunya dengan RAM hingga 6GB & luas memori simpan sebesar 128GB.

Dimensi bodi series ini pun termasuk salah satu kelebihan yang dimilikinya. Hal ini ditunjukkan dengan bodi 167,2 x 76,4 x 9 mm (6,58 x 3,01 x 0,35 in), memiliki kaca depan, bingkai plastik, belakang plastik, menghadirkan Single (Nano SIM), Dual (Nano SIM), dan dual stand-by. Ia juga memiliki jack 3.5mm dan loudspeaker.

Tidak hanya itu saja, tentu ponsel pintar dilengkapi pula Comms WLAN seperti Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, koneksi hotspot, perangkat Bluetooth, wifi direct, koneksi GPS, dan memberi kamu NFC yang berguna pada saat mentransfer data, menawarkan Radio FM, menawarkan banyak sensor seperti sensor sidik jari di samping, USB tipe terbaru type C, dan akselerometer, gyro, serta proximity.

Masih membahas keunggulannya, meskipun baterai yang tertanam di dalamnya adalah non-removable, namun ia berukuran 5.000 mAh yang tahan lama dan memikiki fitur hemat baterai di dalamnya. Ponsel ini menawarkan Fast charging sebesar 15 W. Selain itu, tawaran warna yang tidak membosankan dihadirkan dengan netral, seperti Hitam, Abu-abu, Putih, Mint, dan Violet yang harganya dibadrol sekitar 3 jutaan di berbagai platform.

Berdasarkan kelebihan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Samsung A22 5G menawarkan kualitas spesifikasi yang cukup tinggi, prosesor yang canggih dibandingkan ponsel series Samsung yang lama, rasio layar yang ditawarkan pun sangat baik, dan memberikan sistem keamanan terbaru kepada penggunanya dengan sensor sidik jari sehingga tidak khawatir perihal privasi pelanggan.

Kekurangan Samsung A22 5G

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, Smartphone series ini memiliki beberapa kekurangan. Ponsel ini hadir dengan bobot berat, yakni 203 g (7.16 oz), tidak memiliki sensor Suhu atau Barometer, tidak memiliki port Inframerah, tidak memiliki pengisian nirkabel, tidak memiliki teknologi water resistensi, tidak mempunyai pelindung layar, dan juga menggunakan baterai yang tertanam atau tidak bisa dilepas sehingga tentu harga perawatannya bisa lebih mahal.

Namun tetap saja kabar baiknya adalah bahwa keadaan lebih baik dibandingkan seperti beberapa tahun lalu ketika Smartphone dengan konektivitas 5G masih jarang dan jangkauannya sangat kecil, pada masa kini ada pilihan ponsel 5G berkualitas brilian serta jangkauannya luas daripada sebelumnya. Selain itu kemungkinan bisa saja kamu tinggal di  area yang sudah dilengkapi jaringan 5G.

Hal hebat lainnya tentang teknologi 5G sekarang adalah tidak hanya melestarikan ponsel unggulan yang sangat mahal.  Seperti yang telah ditunjukkan pada uraian di atas, Samsung Galaxy A22 5G memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan saat ingin mengupgrade ponselmu ke versi teknologi baru.