HP Envy X360 Ryzen 7 Laptop Tipis & Ringan Performa Ngacir

Kali Ini  kita akan membahas sebuah laptop yang super tipis tapi powerful banget Yaitu HP Envy X360 Ryzen 7 . Laptop ini memiliki desain yang bisa membuat penggunanya bilang “Manteb Banget Bos” :-). Yang Jelas sangat menarik banget karena teknologi ini bisa membuat hidup lebih kreatif dan produktif.

HP Envy X360 Ryzen 7 adalah sebuah varian X360 terbaru yang sudah menggunakan ryzen 4000 series terbaru yaitu ryzen 7 4700u dengan 8-core 8 thread serta dilengkapi memori RAM 16 GB dual channel. Untuk RAMnya memang nggak bisa di-upgrade, soalnya tipikal laptop tipis memang ram-nya udah disolder di motherboard. Namun Anda nggak usah khawatir karena udah 16 GB dual channel sudah gede loh. Apalagi speednya pun juga udah 3200 Mega Hertz.

Untuk  Storage atau penyimpananannya memiliki kapasitas lumayan besar yaitu 512 Gigabyte SSD pcie nvme. SSD ini seharusnya ada di laptop gaming, yang tentu saja speednya kenceng banget yaitu lebih dari 3000 mbps. Nah dengan spesifikasi barunya ini, memang kalau dari segi bobot lebih berat ketimbang HP Envy generasi sebelumnya.

Jadi HP Envy dulu masih menggunakan ryzen 3000 series yang beratnya itu 1,3 kg. Sementara yang sekarang itu beratnya 1,32 kg, jadi selisih 200 gram lebih berat. Tapi secara dimensi yang sekarang lebih Compact, yaitu memiliki panjang  30,65 cm lebarnya 19,406 cm. Sedangkan yang dulu lebarnya itu 21,2 cm.

Jadi yang versi sekarang seperti yang disebutkan diatas itu ukurannya lebih Compact. Kalau misalkan kita bandingkan dengan kertas A4 , maka terlihat lebih lebar kertas A4 daripada HP Envy X360 Ryzen 7 . Bahkan  misalkan kita taruh di dalam tas, itu sama sekali nggak menuh menuhin isi tas. Apalagi ketebalannya itu cuman 1,6 cm.

Dari Segi built quality,  dari dulu HP Envy adalah salah satu laptop tipis yang memiliki kualitas terbaik. Bahannya menggunakan aluminium, kemudian feel premium-nya ketika di pegang itu juga udah kerasa banget. Desainnya terlihat bisnis loop dan juga terkesan eksekutif muda banget. Pokoknya terlihat profesional dan elegan dengan logo HP Envy di bagian belakangnya yang terlihat simpel banget.

Banyak juga yang suka dengan HP Envy dengan varian warna nya. Pihak HP menamainya dengan Night Follback,  karena Terlihat agak coklat, sedikit marun dan agak hitam. Pokoknya, intinya terlihat elegan banget lah. Jika Anda misalkan ingin yang warna putih atau silver, menurut saya itu terlalu mainstream. Namun kita juga tidak boleh memaksa karena masalah warna dan juga desain, itu memang preferensi orang masing-masing. Kalau saya pribadi seh suka yang warna Night follback ini.

Ada kekurangan menurut saya, yaitu finishing-nya yang cepet banget nempel dengan fingerprint. Kemudian karena namanya Envy x360, jadi untuk hints atau engsel-nya ini bisa dibuka sampai 360 derajat, atau biasa disebut dengan laptop Convertible to in One yang bisa menjadi tablet.

Sayangnya untuk engsel menurut saya masih sama dengan versi engsel yang keluaran tahun sebelumnya. Sebenarnya udah Solid dan nggak begitu jelek lah, cuman masih belum bisa dibuka dengan satu tangan. Kalau kita perhatikan di atas  keyboard, versi yang tahun lalu itu di atasnya ada grill untuk speakernya. Nah untuk yang versi HP Envy X360 Ryzen 7  ini speaker posisinya tidak di atas keyboard, namun speaker terletak ada di bawah laptop.

Walaupun ada di bawah, menurut saya cukup unik karena suaranya tidak terganggu. Sebab Speakernya tidak terhalang ketika kita menggunakan Laptop tersebut di atas meja.  Ternyata bagian casing bawah HP Envy X360 Ryzen 7 agak miring agar speakernya ini tidak tertutupi. Sedangkan untuk suaranya setelah di dengarkan emang tidak ada masalah dan tetap kenceng. Memang baguslah suara speakernya untuk laptop yang dimensinya tipis seperti ini.

Nah dengan Gril speaker di atas keyboard yang tidak ada lagi dan di pindah di bawah laptop, sehingga bagian sekitar keyboard menjadi lebih besar dan lebih nyaman untuk digunakan mengetik. Untuk tombol keyboard Bright Light sama seperti versi keluaran sebelumnya, yaitu ada dua tingkat adjustment brightness, tapi sekarang  ada dengan beberapa tombol yang berbeda.

Contohnya lagi sekarang tombol power itu menyatu dengan keyboard, padahal dulu posisinya ada di bagian pinggir laptop terpisah dengan keyboard. Kemudian di samping tombol power tersebut ada tombol Privasi Killer untuk Webcam, di mana ketika kita tekan tombol ini webcamnya akan otomatis Tidak nyala, Jadi dari segi privacy kita akan merasa lebih aman.

Kemudian ada tombol medianya juga masih ada dan ada beberapa tombol lain yang pindah posisinya. Sekarang posisi untuk fingerprint nya juga berubah, kalau dulu ada di pinggir sekarang ada di bagian keyboard di sampingnya tombol ALT . Banyak yang suka dengan posisi sensor fingerprint nya di posisi seperti ini , karena jika misalkan posisi sensor fingerprint nya itu masih ada di bagian pojok kanan terkesan masih mainstream lah.

Kemudian kalau misalkan sensor FingerPrint nya ada di Touch Pad, justru akan mengganggu pada saat kita browsing atau surfing. Nah kalau posisinya seperti itu akan lebih enak aja, yaitu pas dengan jari telunjuk tangan kanan dan posisinya pun juga lebih rendah ketimbang tombol keyboard jadi lebih mudah untuk dijangkau.

Kemudian Touch Padnya memiliki posisi yang tetap sama dengan versi sebelumnya, yaitu agak melebar dimensinya. Ada lagi yang paling unik di area keyboard ini adalah stiker, walaupun sebenarnya bukan sesuatu yang penting untuk dibahas, tapi entah kenapa saya cenderung mencopot stikernya, karena menurut saya stikernya ini terlalu kurang estetik.

HP Envy X360 Ryzen 7 ini Layarnya mantap banget, yaitu dimensinya 13,3 in dan framenya tipis banget. Pihak HP menamainya dengan sebutan micro-edge display. HP juga tidak menyebutkan sebenarnya berapa ukuran milimeter framenya. Di webnya pun tidak ada keterangan berapa screen to body ratio. Akan tetapi yang pasti frame bagian bawahnya yang sekarang ini lebih tipis ketimbang versi tahun keluaran sebelumnya. Kalau dilihat sih itu kayak laptop 11,6 in ,  tapi lebih lebar rasionya.

Kalau dilihat sekilas secara keseluruhan emang desain nya tidak ada perubahan besar-besaran dari sebelumnya. Tapi perubahan minor ini adalah pembaruan dari versi sebelumnya yang tentu lebih menarik dari versi yang sebelumnya. Spesifikasi layar HP Envy X360 Ryzen 7 adalah IPS touch screen, full HD, 400 brightness Nits dan 100% sRGB.

Bagi Anda yang suka ngedit atau kalian yang berprofesi sebagai content Creator, maka pas banget memiliki laptop ini karena ditambah lagi touchscreennya pun juga udah responsif. Selain itu Palm Rejectionnya pun juga udah oke banget, nggak usah khawatir layarnya bakalan ke geser geser ketika kita gunakan untuk menggambar.

Bicara dari segi konektivitas, HP Envy X360 Ryzen 7 menggunakan wi-fi 802.11 AC dengan bluetooth versi 5. Sedangkan pada bagian Portnya, karena laptop ini tipis jadi portnya agak unik. Pada sebelah kanannya ada input power, kemudian ada USB tipe E yang pakai sistem Jaw atau harus dibuka dulu untuk koneksi USB nya karena dimensinya yang terlalu tipis.

Lalu ada slot micro sd card, kemudian disebelah kirinya ada audio Jack Combo, selanjutnya ada USB tipe E lagi dan di USB C yang gambarnya berupa gambar petir. Untuk sistem Coolingnya adalah Single Fan, dengan intake dari bawah dibuang ke belakang.

Kalau Mau Upgrade maka opsi upgrade-nya nggak ada karena gak ada Slot yang kosong untuk bisa kita gunakan upgrade komponen. Namun kalau mengganti bisa, Misalnya SSD yang kapasitasnya 512 Giga Byte ini bisa kita ganti ke kapasitas yang lebih besar.

Baterai Laptop Ini sebenarnya secara angka tidak begitu wah, yaitu 51 watt hour. Cuman karena CPU nya seri U dimana Low Power dan tidak ada disket Graphic Card maka baterainya awet. Pihak HP mengklaim Kira kira  bisa bertahan sampai dengan 11 jam. Tapi ketika kita tes untuk video playback dengan mode airplane tanpa pakai wi-fi , dan screen brightness nya di set  sekitar 50% serta  volumenya 10% , ternyata bisa bertahan sekitar 11 jam 50 menit.

Namun ketika menggunakani koneksi wi-fi ternyata hanya bisa bertahan sekitar 9 jam 15 menit. Jadi kesimpulannya untuk baterai bisa di bilang udah awet banget.

Dari segi performa HP Envy X360 Ryzen 7  Silahkan Lihat Tabel Di Bawah Ini :

KESIMPULAN UNTUK KELEBIHANNYA :

  1. HP Envy X360 Ryzen 7 adalah sebuah Laptop Premium Yang bisa membuat penggunanya bilang ke pengguna lain ” Envy, Bilang Bos!”, Sesuai dengan namanya HP Envy :-). Karena secara desain emang terlihat Profesional dan Elegan banget, Apalagi yang versi 2020 ini lebih Compact , Lebih kecil ukurnnya dari kertas A4 serta lebih tipis.
  2. Layarnya sudah 400 Nits dan 100% sRGB serta Touchscreennya sudah nyaman banget
  3. Baterainya yang awet hingga bisa sampai 10 jam dan dimensinya tipis,
  4. Jika anda suka laptop yang mengedepankan Portablilitas dan powerfull  maka laptop ini sangat cocok banget
  5. Memberikan Mode Performance, dimana mode ini bisa mencapai Performance sampai dengan 1000 cb dan juga stabil

KESIMPULAN UNTUK KEKURANGANNYA

  1. Jika di pakai mode Performance kelemahannya ada pada Termal, karena suhunya bisa mencapai kira kira 104 derajat celcius, jadi sarannya adalah pakai mode HP Recomended saja. Mode Performance anda pakai jika memang benar benar di perlukan saja. Kekurangan ini saya rasa adalah kelebihan yang tidak dimiliki laptop lain saat dikeluarkan 🙂

Oke, cukup sampai disini saja artikel kali ini tentang HP Envy X360 Ryzen 7 , mohon maaf jika ada kesalahan informasi karena kesalahan mengetik, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *