Spesifikasi HP Flagship Samsung Galaxy S20 FE

Kesuksesan merk Samsung dalam mengeluarkan tipe hape flagship nya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sukses dengan Samsung Galaxy Seri Note, Seri A, dan juga Seri S, membuat Samsung ingin menghadirkan serian ponsel flagshipnya dengan harga yang lebih murah.

HP Flagship Samsung Galaxy S20 FE

Pada September 2020 silam, Samsung resmi meluncurkan serian versi handphone flagship nya dengan versi lite. Mengikuti jejak generasi sebelumnya, Samsung akhirnya mengeluarkan Samsung Galaxy S20 FE.

Kata FE dibelakangnya ini pun memiliki singkatan dari pihak Samsungnya yaitu, Fan Edition, dan menariknya, untuk handphone seri S20 FE ini yang paling mencolok adalah varian warnanya yang memiliki enam varian warna yang pastinya akan menarik kaum milenial masa kini.

Dibanderol dengan harga 10 jutaan pada awal rilis, membuat masyarakat berantusisme dan penasaran dengan apa saja spesifikasi dari Samsung Galaxy S20 FE. Apakah tidak kalah jauh berbeda dengan Samsung Galaxy S20 yang harganya selisih 2jutaan dengannya, atau malah spesifikasinya terkesan nanggung? Mari kita bahas

Review Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE

Untuk spesifikasi dari Galaxy S20 FE ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon, dengan layar displaynya sudah Super AMOLED 6,5 inch, yang pastinya hal tersebut sudah menjamin kualitas gambar yang mumpuni dan tidak main-main untuk para pecinta Samsung.

SISTEM OPERASI

Sistem operasi dari Samsung Galaxy S20 FE ini masih Andorid 10, namun dapat diupgrade ke Android 11 dengan One UI 3.0, dan mesinnya sendiri sudah dilengkapi dengan Octa Core. Terkait internal memory nya tersedia dalam empat RAM, yaitu RAM 6GB ROM 128GB, RAM 8GB ROM 128GB, RAM 6GB ROM 256GB, dan RAM 8GB ROM 256GB.

KAMERA

Kamera Samsung Galaxy S20 FE

Untuk kamera, Samsung Galaxy S20 FE ini sudah memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP untuk kamera wide nya, resolusi 8MP untuk kamera telephoto nya, dan juga 12MP untuk kamera ultrawide nya. Sedangkan untuk kamera depannya, Galaxy S20 FE sendiri sudah dilengkapi dengan fitur kamera beresolusi 32MP, dengan bukaan kameranya f/2.2, yang dijamin hasilnya akan jernih dan tidak mengecewakan.

SENSOR

Untik sensornya Samsung Galaxy S20 FE ini memiliki spesifikasi fingerprint sensor, Gyro Sensor, Hall Sensor, RGB Light Sensor, Geomagnetic Sensor, dan Virtual Proximity Sensing. Dibeli slot Dual SIM, dengan jaringannya hingga 4G. Namun, untuk yang versi terbarunya, jaringannya sudah dapat 5G, sayangnya jaringan tersebut masih dikunci oleh Samsung Indonesia.

BATERAI

Bateray Samsung Galaxy S20 FE

Spesifikasi baterainya dilengkapi dengan komponen batere 4500mAh, dan sudah fast chargig dengan dayanya 25 Watt. Untuk fast wireless chargingnya sendiri sudah dilengkapi daya 15 Watt.Hal tersebut dipastikan bahwa daya batere dapat cepat terisi.

Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE

Ukurannya mudah dipegang karena tidak terlalu besar saat digenggam, dan juga tidak terlalu kecil, sehingga pas untuk ukuran genggaman tangan. Layarnya yang masih dibalut Full HD+. Namun refresh rate nya hingga 120 Hz, dimana untuk hal tersebut tidak ada di handphone Samsung flagship seri Note.

Layarnya yang flat membuat mata menjadi lebih nyaman untuk menggunakan ponsel seri Samsung Galaxy S20 FE. Untuk performa membuka aplikasi berbagai macam, cukup cepat untuk respon membuka aplikasinya.

Untuk daya ketahanan batere 4500mAh termasuk cukup awet untuk pemakaian sehari-hari.. Menariknya, di Samsung Galaxy S20 FE ini pun dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru dari Samsung, yang tidak kalah dari handphone flagship lainnya, seperti Samsung Note, Wireless Deck, fitur Pro Video ada di Samsung S20 FE ini.

Zoom kameranya pun dapat 3x optical zoom dan 30x digital zoom. Namun, untuk kamera low light nya masih terbilang cukup mumpuni untuk menangkap gambar-gambar dengan kualitas daya cahaya rendah. Autofokus baik video maupun foto biasa pun terbilang cepat menangkap fokusnya. Warna dari hasil foto ataupun video yang dihasilkan pun cukup stabil dan sama persis seperti aslinya.

Warnanya pun bermacam-macam, disediakan dalam enam varian warna, yaitu Cloud Navy, Cloud Mint, Cloud Lavender, Cloud White, Cloud Red, dan juga Cloud Orange. Harganya yang affordable untuk ukuran handphone flagship Samsung seri S lainnya.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE

Meski masuk ke dalam jenis flagship handphone, namun bahannya yang terbuat dari plastic polycarbonate ini terasa kurang kokoh. Bazel pada sisi handphone nya masih terlalu luas, sehingga layarnya tidak full.

Penggunaannya masih terbilang aman jika untuk user casual, namun apabila digunakan untuk bermain game, handphone akan terasa lebih cepat panas di tangan, dan juga resolusi layarnya untuk bermain game seperti Mobile Legend, PUBG, masih kurang nyaman dan tidak terlalu wah.

Kamera masih sulit menangkap saat dihadapkan warna terang seperti merah dan warna terang lainnya. Untuk lowlight nya kurang dapat menangkap detil, seperti detil objek wajah.

Kekurangan lain yang dirasakan adalah tidak adanya jack headphone, sehingga jika kamu ungin menggunakan headphone, kamu dapat menggunakannya dengan Bluetooth.

Sayangnya, untuk harga di angka yang termasuk tinggi, fitur-fitur yang ditawarkan terkesan biasa saja, dan banyak dimiliki oleh jenis handphone lainnya dengan harga yang masih di bawahnya.

Perbandingan Samsung Galaxy S20 FE dan Samsung Galaxy S20

Perbandingan Samsung Galaxy S20 FE dan Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20 FE ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pasar yang ingin memiliki handphone flagship seri S, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Lalu bagaimana handphone ini jika dibandingkan dengan handphone generasi kakaknya?

Jika dilihat dari kameranya, untuk kamera utama dari kedua handphone tersebut tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk yang menjadi pembeda adalah di kamera telephoto, dimana untuk yang seri Samsung Galaxy S20 memilki resolusi kamera 64MP, sedangkan untuk Samsung S20 FE ini hanya dbekali kamera telepohoto beresolusi 8MP.

Namun, untuk ketajaman warna dan juga detil fotonya pun tidak kalah jauh berbeda dari Samsung Galaxy S20. Meskipun kamera depan S20 FE ini dibekali 32MP, dan Samsung S20 hanya 10MP, namun ketajaman gambar dari kamera depan Samsung S20 dengan Samsung S20 FE tidak beda jauh.

Kapasitas batere yang dimiliki Samsung S20 FE ini masih lebih unggul dengan daya baterenya 4500 mAh, sedangkan untuk Samsung S20 hanya 4000 mAh saja, namun sama-sama dapat di charge secara wireless, dan juga sudah tahan air dan juga tahan dari debu.

Body dari Samsung S20 FE ini terbuat dari plastic polycarbonate, sedangkan generasi atasnya yaitu Samsung S20 terbuat dari bahan kaca, sehingga secara tampilan lebih mewah dibanding Samsung S20 FE.

Perbedaan lainnya yang terasa yaitu speaker stereo nya yang masih kalah jauh dengan generasi sebelumnya, Samsung S20. Untuk bazel di pingggiran handphone nya pun masih jauh lebih tebal dibandingkan dengan handphone flagship Samsung S20.

 

 

Bagaimana? Melihat dari review tentang kelebihanm, kekurangan, dan spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE di atas, apakah handphone ini worth it to buy atau malah terdapat efek nanggung?